Sedikit tentang catur buta (blindfold)

Sedikit tentang catur buta (blindfold)

Di dunia catur dikenal istilah catur buta (Blindfold), Naah aku nyoba ngebahas ini sesuai kemampuan ku yanng amat terbatas…Kalo kurang lengkap jangan di ketawain ya…Photobucket tapi senyum aja.Maklum aku bukanlah pakar catur ataupun master catur, aku cuma suka catur…Udah ya muqoddimah nya, langsung aja ke pembahasannya…..
Catur blindfold seperti namanya catur buta berarti adalah suatu bentuk pertandingan catur dimana ke2 pemain tidak melihat papan maupun buah caturnya…..Lho kok bisa…..?Photobucket Masa mungkin sih seorang manusia mampu mengingat terus menerus letak seluruh 32 buah catur yang sewaktu waktu dapat berubah ubah tempat di 64 petak itu….?
Bagi orang awam, itu memang sulit Sob, Tapi kalo itu ditanyakan ke master catur jawabnya….Itu mah biasa aja kali…..! Apalagi master Catur, wong aku yang belum master aja bisa bermain ini…Photobucket Nggak sombong lho. Memang sesuatu yang sulit bila kita mau tekun mempelajarinya tentu kita إنشا الله bisa meraihnya.Ada contoh partai catur blindfold ini yang menggambarkan bawa catur blindfold ini tetaplah merupakan partai yang seru kayak partai catur normalnya yaitu partai nya Kramnik Vs Kamsky. Dipartai ini Kramnik mematkan Kamsky dengan bidak yang promosi jadi kuda, sementara bidaknya Kamsky lebih dulu promosi jadi menteri, sesuatu yang belum tentu terlihat di mereka yang main di papan catur sekalipun. Ini dia contoh partainya..
[Event “It (blindfold)”][Site “Monaco”][Date “1994.??.??”][EventDate “?”][Round “1”][Result “0-1”][White “Gata Kamsky”][Black “Vladimir Kramnik”]
[ECO “B62”][WhiteElo “?”][BlackElo “?”][PlyCount “102”]
1. e4 c5 2. Nf3 Nc6 3. d4 cxd4 4. Nxd4 Nf6 5. Nc3 d6 6. Bg5 e67. Bb5 Qb6 8. Bxf6 gxf6 9. Nb3 a6 10. Be2 Qc7 11. a4 b612. Nd4 Bb7 13. Nxc6 Qxc6 14. Qd4 Rg8 15. Bf3 Qc5 16. Qd3 O-O-O 17. O-O h5 18. Kh1 h4 19. h3 Kb8 20. Ra3 Qe5 21. Rb3 d522. Bg4 Bc5 23. exd5 f5 24. Be2 Rxd5 25. Nxd5 Bxd5 26. Bf3Bxb3 27. Qxb3 Rd8 28. c3 Rd2 29. Rd1 Bxf2 30. c4 Qxb2 31. Qxb2Rxb2 32. g4 hxg3 33. h4 Be3 34. Bg2 Rc2 35. h5 Rxc4 36. Bf3
Rc1 37. Rxc1 Bxc1 38. Be2 Bh6 39. Bxa6 Kc7 40. Kg2 f4 41. Bb5Kd6 42. Kf3 f5 43. Bd3 Ke5 44. Ba6 Kf6 45. Bc8 e5 46. Kg2 e447. Bd7 Kg5 48. Kh3 Bf8 49. Be6 Bd6 50. h6 f3 51. h7 g2 0-1
Maaf kalo ada yang belum bisa membaca notasi catur lain kali aku postingkan tentang cara membaca notasi catur wis…
Dalam partai ini disimpulkan bahwa para master catur memiliki daya visualisasi yang amat kuat.
Para GM abad lalu, seperti Paulsen, Blackburne, Reti, Alekhine, Koltanowsky juga dikenal sebagai jagonya blindfold ini. Dan untuk rekor dunia simultan blindfold dipegang oleh MI Janos Flesch dari Hongaria yang dilakukannya di budapest tahun 1960 melawan 52 papan dengan skor 31 menang 3 kalah 18 remis.
Kayaknya itu dulu deh takut kepanjangan, Ntar diprotes lagi Judulnya yang sedikit…Isinya kok nglalar nglalar….Photobucket
Salam Catur……

Cetak Halaman Ini

post signature

About alifbatatsa


11 responses to “Sedikit tentang catur buta (blindfold)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: